Sabtu, 01 Juni 2013

Damar26, Membangun Dunia Literasi

Matahari sudah hampir tenggelam di ufuk barat, warna jingga merengkuh mega-mega.
Ditemani kopi, buku, dan koran-koran yang berserakan, sekelompok orang yang mengaku tergabung dalam Komunitas Gemar Membaca Damar26 ini, terlihat sedang asik berdiskusi. Beberapa orang terlihat sedang mengkliping koran-koran harian. Meskipun hari sudah semakin sore, namun wajah-wajah mereka terlihat masih cerah dan bersemangat.
Berawal dari rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan, Ayatulloh Marsai dan kawan-kawan, bertekad untuk membuat sebuah komunitas yang mempunyai giroh untuk membudayakan dunia literasi.
“Mulanya hoby, dan rasa cinta terhadap membaca, kemudian merasa mubadzir dengan buku-buku yang hanya numpuk di kardus-kardus dan lemari, maka saya berinisiatif untuk membentuk rumah baca atau sejenisnya, paling tidak supaya buku-buku dirumah saya ada yang memanfaatkan,” ucap Ayatulloh Marsai, selaku penggagas lahirnya komunitas ini.
Meskipun namanya komunitas membaca, namun pada prakteknya Damar26 tidak hanya sekedar baca-baca saja. Lebih dari itu, Damar26 mempunyai agenda-agenda yang berkaitan dengan dunia literasi, seperi menulis dan berdiskusi. Setiap sabtu sore, mereka ngumpul untuk saling berbagi informasi, membahas isu-isu hangat di media masa, dan kemudian berlomba menuliskan opini untuk dimuat di media cetak.
Komunitas yang bertempat di linkungan Dukumalang, kecamatan purwakarta ini, sangat terbuka kepada siapapun yang ingin bergabung dan menjadi anggota, “Damar 26  tidak menutup diri, siapa pun boleh bergabung dan belajar bersama-sama, baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan, atau yang lainya,” lanjut Ayatulloh.
 “Alasan saya mengikuti komunitas ini ialah, paling tidak saya bisa menjaga semangat belajar saya, apalagi saya sekarang sudah tidak lagi belajar dilembaga formal, inisiatifnya, yah saya ngumpul bareng orang-orang yang maniak belajar ini,” ujar Maman, salah satu pendiri komunitas ini.

Kedepan, Damar26 berharap agar lebih banyak lagi orang yang mau bergabung dan belajar bersama.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar